Tips Sehat Ala Orang Prancis Yang Patut Dicoba


Selama lebih dari beberapa dekade, orang Perancis dinilai lebih sehat dan lebih langsing dibanding orang-orang dari negara maju lainnya. Apa rahasianya?

1. Makan bersama
Berbeda dengan kebiasaan orang modern yang serba tergesa-gesa dan individual, orang Perancis terbiasa untuk meluangkan waktu makan bersama. Kegiatan makan, bahkan sarapan, bisa menjadi ajang sosial untuk berkumpul dan bertukar kabar. Mungkin karena asyik mengobrol, mereka pun makan lebih lambat.

Penelitian menunjukkan makan secara perlahan bukan cuma mengurangi stres tapi juga membuat otak mampu mengirimkan sinyal kenyang. Akibatnya kita juga tidak makan secara berlebihan.

2. Mengurangi stres
Bukan rahasia kalau orang-orang Perancis lebih menikmati waktu luang mereka. Peraturan di negeri itu mewajibkan perusahaan memberi cuti 30 hari pada karyawannya setiap tahun dengan gaji dibayar penuh. Meski begitu liburan bukan satu-satunya cara untuk rileks, mereka juga lebih fokus pada teman, keluarga dan makanan.

3. Jarang ngemil
Bila Anda berkunjung ke negeri ini, Anda akan jarang menemui produk snack di supermarket. Ini karena mereka sangat menikmati makanan yang tersaji di waktu makan. Rasa kenyang di perut juga mengurangi keinginan untuk mengudap. Kalaupun ingin ngemil, mereka cenderung memilih kudapan sehat, seperti buah.

4. Makan pada waktunya
Karena sering berkumpul untuk melakukan makan bersama, orang Perancis jadi terbiasa untuk makan pada waktunya. Hal ini membuat tubuh bisa mencerna makanan secara baik.

5. Hanya makanan segar
Kebiasaan tergesa-gesa akan berpengaruh pada cara kita makan dan cara kita menyiapkan makanan. Untuk mengurangi asupan sodium, gula, trans fat, dan makanan berpengawet, sediakan waktu untuk menyiapkan makanan sendiri di rumah.

6. Nikmati red wine
Tak terhitung banyaknya penelitian yang mengungkapkan manfaat positif red wine untuk kesehatan. Mengonsumsi red wine satu gelas setiap hari terbukti mencegah penyakit jantung.

7. Kurangi trans fat
Para ahli sejak lama meyakini jenis lemak jenuh yang terdapat dalam makanan Perancis, seperti keju dan krim, bisa dimetabolisme tubuh dengan mudah.

8. Variasi makanan
Tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karenanya Anda memerlukan variasi jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Pola makan ala Mediterania yang dianut orang Perancis, yakni kaya sayur, buah dan kacang-kacangan menjadi kunci kesehatan.

9. Gunakan kaki Anda
Ini merupakan tradisi yang masih tetap terpelihara, orang Perancis jarang menggunakan kendaraan bermotor, mereka lebih suka berjalan kaki. Baik hanya sekedar ke pasar atau ke kantor, mereka lebih memilih jalan kaki atau naik sepeda.

10. Porsi kecil
Rahasia lain yang perlu diketahui adalah porsi makan. Orang-orang di negeri ini memang terbiasa makan dalam porsi sedikit.

Sumber : http://www.indojunkers.com/index.php/topic,596.0.html

0 komentar:

Posting Komentar

Teman Kami