9 Tempat Terpolusi Di Dunia

Dengan populasi penduduk hampir 7 miliar kepala, dunia kian sarat dengan polusi buatan manusia. Kimia, udara, air dan pencemaran minyak merusak lingkungan, menyebabkan kematian dini, merusak sumber daya dunia dan memperburuk perubahan iklim.
Untuk itu, Pimpii mengajak anda melakukan tur virtual ke 9 tempat teratas paling tercemar di muka bumi ini. Siapkan masker dan tabung oksigen anda!
1. Linfen, Cina
Linfen adalah kota paling tercemar di muka bumi. Menurut The Green Daily, jika anda mencuci pakaian kemudian menjemurnya, maka belum sempat cucian anda akan berubah menjadi hitam sebelum sempat mengering.
Terletak di kawasan pertambangan batubara China, menghabiskan satu hari di Linfen adalah setara dengan menghisap tiga bungkus rokok!. Sebanyak 3 juta orang yang dipengaruhi oleh batubara Linfen dan partikel polusi, yang merupakan residu dari emisi mobil dan industri.
2. Los Angelos, Amerika Serikat
Menurut American Lung Association, Los Angeles merupakan kota dengan polusi ozon yang paling parah di Amerika Serikat. Tahun lalu, tingkat ozon rata-rata di Los Angeles adalah yang terburuk dari kota-kota Amerika. The Air Resources Board lokal memperkirakan bahwa polusi udara menyebabkan 9.200 kematian prematur per tahun di California.
3. Delta Niger, Nigeria
Dengan lebih dari 6.800 kali tumpahan minyak, yang berjumlah 300 tumpahan pertahun, atau kurang lebih satu tumpahan sehari, dan 9 juta hingga 13 juta barel minyak tumpah lebih dari 50 tahun, Delta Niger tentulah menjadi salah satu lokasi paling tercema minyak di planet ini.
9 juta hingga 13 juta barel minyak telah tumpah ke dalam lahan basah terbesar ketiga di planet ini. Bandingkan, Amerika Serikat mengimpor minyak 8 persen dari Nigeria, jumlah hanya setengah dari minyak yang tumpah di Delata Niger!.
Karena pipa terus menerus pecah dan keberadaan minyak mencemari delta dan sungai, mangrove dan satwa liar pun menghilang. Shell menyatakan bahwa 90% dari tumpahan disebabkan oleh pencuri militan yang mengakses jaringan pipa untuk mencuri minyak.
4. Greater London, Inggris
Greater London telah mengalami polusi udara terburuk di seluruh dunia sebagai akibat dari mobil, pabrik, pertanian dan polusi rumah. Harapan hidup orang Inggris telah dikurangi sembilan tahun karena polusi udara. Inggris dianggap sebagai penyumbang terbesar oksida nitrogen di Eropa. Menurut laporan dari Parlemen Inggris, 50.000 orang meninggal prematur setiap tahun karena polusi udara buatan manusia.
5. Dzerzhinsk, Rusia
Antara tahun1930 dan 1998, Dzerzhinsk adalah tempat pembuangan untuk 300.000 ton limbah kimia. 300.000 orang terdampak oleh kimia dan polusi produk sampingan beracun, seperti sarin dan gas VX. Polusi itu adalah hasil dari manufaktur era Perang Dingin senjata kimia. Menurut Mother Nature Network, pada tahun 2003, tingkat kematian di kota ini melampaui angka kelahiran dengan 260 persen.
6. Greater Phoenix, Amerika Serikat
Kawasan Phoenix-Mesa-Scottsdale 2010 adalah tempat terburuk di Amerika Serikat untuk pencemaran partikel sepanjang tahun, campuran debu, jelaga dan aerosol.
7. Bandung, Indonesia
Bandung menjadi tuan rumah sungai paling tercemar di planet ini dengan sungai Citarum-nya. Dengan hampir 5 juta penduduk yang tinggal dekat sungai, Citarum merupakan sumber air utama.
8. La Oroya, Peru
Industri pertambangan dan peleburan Logam telah mengkontaminasi La Oroya, Peru. Lebih dari 35.000 warga La Oroya telah terdampak oleh timbal, seng, tembaga dan polusi belerang dioksida dari pertambangan logam dan limbah perusahaan. Menurut Majalah Time, 99 % anak-anak di kota pertambangan memiliki kadar darah yang melampaui ambang batas normal. Sejak 1922, kota di Pegunungan Andes Peru ini telah tercemar oleh industri pertambangan.
9. Danau Karachay, Rusia
Danau Karachay adalah wilayah yang dianggap sebagai lokasi yang paling tercemar di Planet Bumi. Merupakan lokasi pembuangan senjata nuklir produksi Rusia dan Uni Soviet, tempat ini memiliki 120 juta curie radioaktivitas. Tingkat radiasinya setara dengan dosis yang mematikan setelah hanya satu jam paparan. Bahkan menurut NRDC, jumlah tersebut sama dengan membuang semua limbah sampah di Washington Hanford Reservasi ke danau seluas 30 hektar. Dalam model kejahatan lingkungan, radiasi telah menyusupi pasokan air tanah di wilayah itu.

Sumber : http://dreamindonesia.wordpress.com/2010/10/10/inilah-9-tempat-paling-polusi-di-planet-bumi-termasuk-sungai-citarum-di-indonesia/     

0 komentar:

Posting Komentar

Teman Kami