Oral B Ditarik Dari Peredaran



 
 
Produsen Protector and Gamble menarik obat kumur 'Oral-B Tooth and Gum Care Mouth Rinse' serta 'Oral-B Tooth and Gum Care Alcohol-Free Mouth Rinse' dari pasar Indonesia setelah terdeteksi adanya kandungan bakteri Burkholderia anthina.
Selain di Indonesia, produk ini juga ditarik peredarannya di beberapa negara, termasuk Kanada, Meksiko, Chili, Kolombia, Cina, Malaysia dan Filipina. Obat kumur bermasalah ini diproduksi di Kolombia.

Apakah bahaya bakteri Burkholderia anthina terhadap kesehatan?

Dalam rilisnya, Otoritas Kesehatan Singapura menyebutkan, orang sehat yang menggunakan obat kumur Oral B tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi, bagi yang mengalami masalah kesehatan atau imunitas rendah, seperti penyakit paru-paru kronis, lebih rentan terhadap infeksi bakteri ini. Disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter.

Burkholderia anthina adalah anggota Burkholderia cepacia complex (B. cepacia complex). Bakteri ini termasuk kelompok bakteri gram negatif dan berada di berbagai lingkungan berbeda.

Bakteri dapat ditemukan di dalam air, tanah dan lingkungan lembab lainnya. sama seperti Proteobacteria lain, seperti Escherichia, Salmonella, Vibrio, Helicobacter, Burkholderia anthina adalah patogen yang bertanggung jawab untuk fiksasi nitrogen.


Sebuah penelitian menyebut, Burkholderia cepacia menyebabkan fibrosis dan menjadi ancaman di berbagai rumah sakit di Amerika Serikat. Sebab, B. cepacia secara inheren tahan terhadap antibiotik ganda, baik antibiotik alami maupun buatan.

Riset yang dilakukan Holmes, Govan dan Goldstein mengungkap, strain B. cepacia muncul secara acak, sehingga penggunaan herbisida pada lahan pertanian harus dilakukan secara hati-hati.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Waduh gawat jg ya.memang semua produk itu seharusnya kembali ke alam.sudah banyak bahan kimia yang kita konsumsi tiap hari...
Numpang lewat.sy mau bagi2 rejeki,buka
http://heywazzub.blogspot.com
Kalo anda tertarik karena FREE,get 1 people get $1 tanpa syarat, join di:
http://signup.wazzub.info/?IrRef=0eaf0

Posting Komentar

Teman Kami