6 Proyek yang Memanfaatkan Kotoran Sebagai Sumber Energi Baru


6 Proyek yang Memanfaatkan Kotoran Sebagai Sumber Energi Baru

Siapa bilang kotoran itu tidak ada manfaatnya? Ternyata kotoran dari makhluk hidup dapat sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Kotoran merupakan sumber energi yang murah, banyak ditemui, dan tidak akan pernah habis.
Saat ini para ilmuwan memanfaatkan kotoran sebagai salah satu sumber energi baru bagi kelangsungan hidup manusia. Kotoran dimanfaatkan untuk menghasilkan energi, membuat bahan bangunan, bahkan untuk makanan!

1. Toilet dari Kotoran Kuda

Banyak negara berkembang yang tidak memiliki sistem pembuangan yang baik sehingga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan pencemaran air. Atas dasar hal tersebut, Virginia Gardiner menciptakan sebuah solusi untuk masalah yang ada. Dia membuat toilet yang terbuat dari 90% kotoran kuda dengan pelapis yang ramah lingkungan yang dicetak menjadi bentuk toilet. Penemuannya ini diberi nama LooWatt. Ketika sudah penuh, limbah dapat diubah menjadi energi dengan bantuan biodigester. Jadi, selain mengatasi masalah sanitasi, LooWatt juga bisa menghasilkan sumber energi yang baru.

2. Batu Bata dari Kotoran Sapi

Untuk penemuan yang satu ini kita patut berbangga diri. Sekolah Bisnis Prasetya Mulya yang ada di Indonesia mengembangkan apa yang disebut sebagai EcoFaeBrick, yaitu batu bata ringan yang terbuat dari kotoran sapi. EcoFaeBrick 20% lebih kuat dan lebih ringan dari batu bata yang terbuat dari tanah liat, dan bahannya alami serta mengurangi terjadinya kerusakan lingkungan dari proses penggalian untuk mendapatkan tanah liat.

3. Sumber Energi dari Kotoran Anjing

Di sebuah taman dekat MIT di Cambridge, Massachusets, tengah berjalan sebuah proyek yang dibuat oleh Matthew Mazzotta, yaitu Spark Park. Idenya adalah untuk para pemilik anjing yang ada di taman membuang kotoran anjing ke dalam alat pengolah buatan Mazzotta, bukan ke tempat sampah. Alat tersebut kemudia akan mengubah gas metana alami yang berasal dari kotoran menjadi energi. Energi tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai sumber listrik lampu jalan yang ada di taman. Park Spark juga membantu mengurangi terjadinya gas rumah kaca secara alami.

4. Sumber Energi dari Kotoran Sapi

Hewlett Packard, Microsoft, dan Google bekerjasama dengan para petani susu di Amerika untuk membahas kemungkinan menciptakan data center (pusat data) dengan sumber tenaga yang berasal dari kotoran. Dari penelitian, diketahui bahwa dari kotoran sapi didapat energi yang bisa menghidupkan bola lampu 100 watt.

5. Bahan Bakar dari Limbah Kotoran Manusia

Perusahaan pengolah limbah Geneco telah mengubah sebuah mobil VW Bug menjadi mesin dengan bahan bakar biologis. Dengan memanfaatkan limbah padat yang dikumpulkan dari 70 rumah tangga, Bio-Bug dapat berkendara sejauh 10.000 mil per tahun. Bio-Bug juga dapat berjalan dengan menggunakan bensin. Dibandingkan dengan kendaraan prototipe yang juga menggunakan bahan bakar biologis, Bio-Bug dapat berjalan lebih bersih dengan daya kerja yang sebanding dengan kendaraan berbahan bakar minyak bumi.

6. Daging dari Kotoran Manusia

Ini dia penelitian yang cukup menghebohkan baru-baru ini. Daging dari kotoran manusia! Hasil penelitian ilmuwan Mitsuyuki Ikeda di Pusat Pengkajian Lingkungan di Okayama, Jepang. Daging yang dibuat dari ekstraksi protein dan lemak kotoran manusia. "Daging" yang dihasilkan kemudian dicampur dengan penyedap rasa. Pembuatan daging palsu ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi emisi karbon yang ditimbulkan oleh industri pengepakan daging menyumbang 18% gas rumah kaca dari seluruh dunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami