Penyakit Internet Dan Dampaknya Bagi Kesehatan Manusia

Saat ini Indonesia adalah negara ke 5 pengguna Internet terbanyak se-Asia dengan 12,5 persen dari populasi jadi 25 juta orang menggunakan Internet di Indonesia. Posisnya ada di belakang China yang berada di peringkat pertama (338 juta pengguna), Jepang (94 juta), India (81 juta), Korea Selatan (37,5 juta). Itu artinya hampir semua orang tahu dan bisa menggunakan Internet, dari anak anak SD sampai orang tua sekalipun tidak asing lagi dengan internet.

Internet memang sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu berlama lama di depan komputer mereka dan menggunakan fasilitas internet. Bukan hanya sekedar Googling tapi mereka juga berbisnis di Internet, mereka bermain di Internet, mereka membeli kebutuhan sehari hari di Internet, bahkan ada diantara pengguna Internet yang menikah gara gara Internet.

Kebanyakan orang orang menggunakan fasilitas ini untuk mencari informasi atau berita terbaru di dunia, atau bermain Facebook, Blog, Bisnis Online, Bermain Game Online dan sebagainya. Internet memang bermanfaat tetapi apakah anda memikirkan dampak buruk Internet ? Salah satu dampak buruk Internet adalah penyebaran pornografi, penyebaran virus perusak, dan aksi fitnah. Selain itu ternyata juga mempengaruhi kesehatan para penggunanya, berikut ini adalah beberapa penyakit penyakit yang timbul karena Internet.



Eyestrain (Tegangan Mata)
Penyakit yang disebabkan karena mata anda terlalu sering berada di depan monitor. Penyakit ini membuat mata anda tegang dan terasa sakit. Agar mata tidak terasa sakit perbanyaklah melihat lingkungan yang hijau (alami) setelah anda beraktifitas di depan layar monitor.



Munchausen Syndrome
Internet menyediakan endless chatrooms, online support groups, dan situs jejaring sosial di mana orang dapat berbagi masalah mereka, mencari nasihat, dan mendapatkan simpati. Beberapa orang berpura pura sakit dan tertimpa bencana hanya untuk mendapatkan perhatian. Mereka berpura pura menjadi korban pelecehan, penganiayaan, atau terkena penyakit kronis untuk mendapatkan perhatian hal hal tersebut merupakan gejala  Munchausen



Discomgoogolation
Adalah perasan stress dan kegelisahan saat tak bisa segera terhubung dengan akses informasi cepat. Discomgoogolation sendiri merupakan gabungan dari Discombobulate yang artinya frustasi atau bingung. Sementara kata 'googolation' konon diambil dari istilah googling atau mencari informasi lewat mesin pencari Google.



Egosurfing
Terobsesi dengan reputasi diri di internet, sedemikian hingga kebanyakan waktu online penderita dihabiskan untuk melakukan pencarian namanya sendiri di situs seperti Google atau Yahoo. Penderita juga kerap mencek ranking di Technorati.


Photolurking
Gemar mengintip atau melihat lihat foto foto orang lain dari album onlinenya.
Sebenarnya berlama lama di depan komputer dan berinternet tidak salah, tetapi perhatikan kesehatan anda dan jangan terlalu menjadikan Internet sebagai tempat berlangsungnya hidup ini. 'Janganlah hidup di dunia Maya tapi, Hiduplah di dunia Nyata'

Sumber : http://catatan-gume.blogspot.com/2010/07/penyakit-internet-terhadap-manusia.html
Syndrome
.

0 komentar:

Posting Komentar

Teman Kami