Mainan Yang Merangsang Otak Anak

Anak tidak hanya membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang tapi juga memerlukan stimulasi yang baik dalam masa pertumbuhannya. Stimulasi ini bisa dirangsang dari mainan. Mainan apa saja yang bisa merangsang perkembangan motorik anak?

Ada beberapa tanda yang menunjukkan kemajuan dari perkembangan fisik anak, seperti duduk, berdiri, memegang suatu objek dan juga berjalan.
Untuk membantu perkembangan fisiknya dibutuhkan keterampilan motorik yang baik dan salah satunya melalui berbagai stimulasi yang sehat dalam arti mainan yang digunakan mengandung bahan yang aman untuk anak.
Seperti dikutip dari eHow, Jumat (16/7/2010) ada beberapa mainan yang dapat merangsang keterampilan motorik anak, yaitu:
Cincin susun
Mainan ini terdiri dari sebuah tongkat kecil dari kayu atau plastik, lalu dilengkapi dengan cincin dari berbagai ukuran sehingga bisa disusun ke dalam tongkat tersebut. Mainan ini cukup populer dan menyenangkan karena anak akan senang mengeluarkan lalu menyusunnya kembali. Mainan ini dapat mendorong bayi untuk mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata saat menyusun dan memilih ukuran cincin.
Mainan peg-and-hole
Mainan ini terdiri dari berbagai bentuk dan sebuah kotak yang tutupnya memiliki bentuk unik yang dapat disesuaikan dengan setiap bentuk balok. Mainan ini akan mengasah keterampilan motorik halus anak karena anak harus mencari tahu balok mana yang cocok dengan lubang serta menentukan bagaimana cara memasukkan balok tersebut ke dalam wadah tanpa membuka tutupnya. Manfaat lainnya adalah mengembangkan koordinasi tangan dan mata serta kemampuan membedakan berbagai bentuk.
Balok susun
Permainan ini memberikan kesempatan pada anak untuk bergerak, berimajinasi, memanipulasi dan mengatur objek dari berbagai bentuk agar bisa membuat atau membangun sesuatu. Misalnya mengajarkan anak menyusun balok hingga terbentuk rumah, istana atau objek lainnya. Mainan ini membantu motorik anak terutama dalam hal keseimbangan dan berdiri.
Puzzle
Untuk awalnya pilihlah puzzle dengan beberapa potongan besar sehingga memudahkan anak untuk menempelnya dan mencari potongan yang cocok. Setelah berhasil, mulai cari puzzle baru dengan potongan yang lebih kecil. Permainan ini membantu anak untuk memanipulasi kepingan puzzle agar cocok satu sama lain, sehingga menyenangkan dan memperkuat perkembangan motoriknya.
Bernyanyi sambil bertepuk tangan
Bernyanyi bersama adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak, tapi jika dilakukan sambil bertepuk tangan maka hal ini akan memberikan nilai tambahan yaitu mengembangkan keterampilan motoriknya. Karena anak akan berusaha mengikuti gerakan orang lain dengan menggunakan tangannya.
Selain keterampilan motorik, mainan ini juga membantu mengajarkan anak berbicara serta meningkatkan memorinya.


Sumber : http://gemarsehat.blogspot.com/2010/07/mainan-untuk-merangsang-keterampilan.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami