7 Email Hoax Terpopuler

Meskipun sistim keamanan komputer semakin canggih, namun kelemahan utamanya tetap ada, yaitu pengguna komputer. Dengan menggunakan email hoax, para penjahat bisa mempengaruhi pengguna komputer untuk melakukan hal yang mereka inginkan.  


E-mail hoax adalah e-mail yang berisi informasi atau ajakan yang sangat menggiurkan dan menguntungkan. Namun ujung-ujungnya berisi kebohongan. Gak sedikit yang menjebak sehingga tanpa sadar kita mengeluarkan uang.

Walau komputer kita sudah dilengkapi proteksi yang canggih sekalipun, mereka bisa saja dengan mudah masuk dalam Inbox kita. Kadang menjengkelkan karena menuh-menuhin Inbox. Gak jarang justru menyesatkan dan malah ngejebak. PC World's Magazine telah menghimpun 7 e-mail hoax terpopuler di mana hingga hari ini masih saja ada orang yang terjebak dengan tipuan2 e-mail itu :

The Mistery of Hoax Emails !

1. RAISE BONSAI KITTENS IN THE BOTTLES

Artikel ini memuat tentang orang yang berhasil menernakkan anak kucing di dalam botol. Banyak orang terjebak dan penasaran ingin tahu cara beternak binatang di dalam botol. Terlebih dikatakan bahwa teknik peternakan ini sudah sukses dilakukan di New York , China , Indonesia , dan New Zealand . Hah????

Ide e-mail hoax ini dibuat oleh mahasiswa MIT di tahun 2000. Tujuan sebenarnya hanyalah memparodikan istilah "bonsai". Utk meyakinkan publik, mereka membuat website www.bonsaikitten. com yg berisi teknik beternak anak kucing.

2. PETITION TO BAN DIHYDROGEN MONOXIDE

Tahun 1990-an awal (hingga hari ini), ada sebuah petisi yang mengajak kita untuk memerangi dihydrogen monoxide yang disinyalir sebagai bahan kimia penyebab kanker, tumor, dan menjadi kontribusi dari efek rumah kaca.

Buat Anda yang kurang paham, dihydrogen monoxide adalah nama Kimia dari "AIR".

3. POP POPCORN WITH CELL-PHONES
Ga ada microwave dan lagi pengen makan popcorn? Aktifkan ponsel Anda, dan dekatkan pada popcorn. Dijamin dalam 10 menit, popcorn langsung mekar dan matang. Versi lain malah memperlihatkan "kehebatan" elektromagnet ponsel yang mampu mematangkan telor mentah. Bayangkan jika menelepon pake ponsel lebih dari 10 menit, apa yang terjadi dengan otak Anda? Hiii.... Seram kan ?

Faktanya : gak benar tuh !!!! Ide memasak popcorn dan telor dengan ponsel didapat dari iklan yang beredar luar di youtube. Iklan itu sendiri dibuat Cardo Systems, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang headset utk cellphone.

4. BILL GATES GIVES YOU MONEY
Pernah terima e-mail dari Bill Gates atau Microsoft atau teman Anda yang meminta Anda memforward e-mail. Setiap e-mail yang diforward dan diterima, kita akan memperoleh uang sebesar sekian sen. Bahkan ada yg terima US$ 1,000..!!! Wah... edan banget!!!

Faktanya : Ya, Bill Gates pernah memberi orang uang dengan meminta mereka memforward e-mail dari Microsoft. Tapi itu terjadi tahun 1990, saat Microsoft pertama kali mengoperasikan internet. Penawaran itu sudah tidak berlaku lagi. So... gak perlu capek2 kirim2 e-mail ginian lagi....!!!

5. VIRUS CAN LAUNCH NUCLEAR
Tahun 2002, Symantec menginformasikan tentang adanya virus software yang mampu membuat komputer kita mampu mengaktifkan nuklir di Pentagon. Dan berbondong-bondonglah orang "merelakan" komputernya dijangkiti virus agar bisa meluncurkan nuklir Pentagon.

Faktanya : Bodoh banget sih...!!! Jelas2 itu bikinan virus Worm! Symantec gak pernah merilis pernyataan itu dan gak ada virus yang bisa connect langsung ke Pentagon. Ada juga komputer kita yang hancur diserbu virus Worm.

6. HELP...!! I GIVE YOU HALF OF MY MONEY...

Pernah terima e-mail dari Kementerian Nigeria , anak presiden Uganda , dan orang2 penting dari negara Afrika itu? Mereka biasanya mengirimkan surat dengan sopan, dan intinya meminta bantuan finansial kita. Atau anak presiden tersesat di negara Perancis, tidak bisa pulang, dan minta bantuan kita untuk mentransfer uang padanya. Ntar 1/2 hartanya diberikan buat kita. Jika Anda pernah mengirimkan uang pada mereka, SELAMAT...!! Anda baru saja tertipu...!! !

Faktanya: Ini adalah penipuan kelas tinggi!!! Dunia internasional mengenal penipuan ini dengan kode 419 Scams (419 adalah kode kriminal Nigeria ), dikarenakan banyaknya penipuan berasal dari Nigeria .

7. LIHAT BRITNEY SPEARS BUGIL!
Pernah dapat e-mail ber-attachment dan ber-subject "Lihat Bibir Angelina Jolie Meledak!", "Lihat Britney Spears Bugil", "Britney Spears & Brad Pitt Bugil", "Adegan Mesum Angelina Jolie", dll? Pernah buka? Kalo pernah... SELAMAT..!! Komputer Anda baru saja "hancur" dirasuki virus ganas bernama Jollie.

source: http://adsense-charmins.blogspot.com/2010/10/7-email-hoax-terpopuler-yang-masih.html

0 komentar:

Posting Komentar

Teman Kami