Piring Diberi Nasi Seminggu Tak Basi, Ajaib

Salah satu peninggalan bersejarah yang dipajang di Museum Keraton Sumenep adalah Piring ajaib yang dikenal dengan 'Magic Power'.

Piring ajaib ini merupakan tempat nasi berbentuk oval, bergambar raja Sampang, Condronegoro yang memerintah pada tahun 1830. Piring nasi tersebut diberikan sebagai hadiah pada raja Sumenep ke-32, Sultan Abdurrahman Pakunataningrat(1811-1854).

Guide Museum Keraton, Erfandi, Senin (22/11/10) menjelaskan, piring nasi tersebut bukan piring nasi biasa, dan diyakini punya daya magis tersendiri. "Buktinya, menurut legenda yang tersebar, nasi yang dihidangkan di atas piring tersebut tidak basi meskipun sudah satu minggu," kata Erfandi.

Ditambahkan, piring nasi tersebut biasanya digunakan untuk sajian saat menjamu tamu kerajaan yang datang. "Jadi berdasarkan sejarahnya, karena piring ini memang hadiah khusus dari raja Condronegoro, maka ini merupakan koleksi berharga kerajaan masa itu. Tamu-tamu terhormat akan dijamu dengan hidangan di atas piring ini," ujar Erfandi.

Saat ini piring nasi tersebut dipajang di Museum Keraton Sumenep, karena punya nilai sejarah yang pantas diketahui masyarakat luas. "Termasuk keunikan dan keajaiban piring nasi ini. Ya maklum mbak, jaman dulu kan belum ada 'Magic Jar' seperti sekarang. Yang ada ya'Magic Power' seperti piring ini," pungkas Erfandi sambil tersenyum.


Sumber : http://www.beritajatim.com/detailnews.php/2/Gaya_Hidup/2010-11-22/84541/__Ajaib!_Piring_Diberi_Nasi_Seminggu_Tak_Basi


0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami