Steve Jobs, Tokoh 2010 Versi "Financial Times"



Majalah Time boleh saja memilih Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook, sebagai tokoh tahun 2010. Namun, majalah bisnis Financial Times punya pilihan lain, yakni pendiri dan CEO Apple, Steve Jobs.
Dalam edisi terbarunya, majalah Financial Times menyoroti peran Steve Jobs yang membawa kembali kejayaan Apple di industri teknologi. Menurut majalah tersebut, mulai tahun ini, Steve Jobs sukses meletakkan Apple ke posisi puncak perusahaan teknologi. Inovasi terbarunya, yaitu iPad, telah menjadi kiblat perusahaan lainnya.
"Mulai tahun ini, akhirnya, kembalinya kejayaan itu sempurna," tulis Financial Times, Rabu (22/12/2010). Steve Jobs mengangkat pamor Apple saat memelopori komputer sebagai barang pribadi. Namun, Apple kemudian sempat mundur. Jobs bahkan meninggalkannya. Beberapa tahun kemudian, Steve Jobs kembali memimpin Apple dan menciptakan inovasi produk yang membawa kembali kejayaan Apple, mulai dari memperkenalkan iPod tahun 2001 yang merevolusi industri musik, iPhone pada 2007, hingga iPad pada tahun ini.
Soal kekayaan, pendiri Microsoft, Bill Gates, mungkin masih jauh lebih kaya dari Steve Jobs. Namun, sejak dua tahun lalu, Bill Gates menyatakan diri mundur dari Microsoft dan tidak lagi menjadi tokoh teknologi yang dominan. Sementara itu, Steve Jobs justru makin terkenal lagi dan menjadi tokoh sentral di industri teknologi.
Financial Times juga membandingkan Steve Jobs dengan Mark Zuckerberg. Menurut majalah tersebut, Steve Jobs bahkan lebih muda dari Zuckerberg saat pertama kali mencatat sejarah dengan melakukan penawaran saham publik perdana Apple di Wall Street. Saat itu, ia baru berusia 25 tahun.


Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2010/12/24/13243742/Steve.Jobs..Tokoh.2010.Versi.Financial.Times-12
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami