Tidur dengan Rambut Basah Bisa Bikin Pilek?



Mandi dan keramas di malam hari sering tak terhindarkan oleh para pekerja yang jarak rumah dan kantornya cukup jauh. Namun benarkah jika kita langsung tidur dengan kondisi rambut masih basah bisa menyebabkan pilek?
Selain menyebabkan kedinginan, ternyata tidur dengan rambut masih basah tidak terbukti menyebabkan pilek atau salesma. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Salisbury, Inggris.
Dalam penelitian itu para partisipan studi dibagi dalam dua kelompok, yakni yang berada di ruangan hangat dan kering dan partisipan yang diminta mandi di malam hari. Sebelumnya, seluruh partisipan disuntikkan virus flu di bagian hidungnya.
Partisipan dari kelompok kedua diminta mandi dan keramas kemudian setelah berpakaian mereka diminta berdiri selama setengah jam dengan kondisi rambut masih basah. Setelah itu selama beberapa jam mereka diminta menggunakan kaus kaki basah.
Hasilnya, partisipan dari kelompok kedua ini tidak menunjukkan adanya tambahan virus flu dibanding dengan orang dari kelompok pertama. "Merasa kedinginan ternyata tidak memengaruhi sistem imun kita," kata Jim Sears, dokter anak dari California.

Sumber : http://health.kompas.com/index.php/read/2011/01/26/10471815/Tidur.dengan.Rambut.Basah.Bikin.Pilek
  

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami