Keindahan Labuan Bajo

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Kota Labuan Bajo merupakan ibukota Kabupaten Manggarai Barat yang saat ini berkembang dengan pesat. Sebelumnya kota ini hanyalah sebuah kota Kecamatan yang tidak terlalu banyak orang yang mengenalnya.


Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Kota ini menjadi pintu masuk banyak wisatawan domestik dan asing yang akan mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Sekalipun hanya sebuah kota kecil, bila kita ada disana, maka akan banyak dijumpai rumah makan, penginapan dari kelas melati sampai hotel berbintang (Hotel Jayakarta & Bintang Flores) dan bandara yang bisa disinggahi pesawat kecil dengan kapasitas 50 orang.

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Bandara yang berada di Kota Labuan Bajo adalah Bandara Komodo, dimana frekuensi kedatangan pesawat semakin hari semakin bertambah, mengingat keinginan wisatawan untuk berlibur di kota ini dan pulau-pulau yang berada disekitarnya semakin besar.
Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny
Masyarakat yang ramah dan menghormati kehadiran wisatawan, bisa kita jumpai dimana-mana dan bila kita berjalan-jalan di kota ini tidak perlu ada rasa takut karena daerah ini terbilang aman.

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Penduduk Labun Bajo banyak yang berasal dari Sulawesi (Bugis), Bali, Padang (Sumatera Barat) dan Jawa, selain penduduk asli Manggarai. Nama kota Labuan Bajo berasal dari para nelayan Bugis yang datang terdahulu dan pada akhirnya menetap di daerah ini.

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Mengunjungi Kota Labuan Bajo tidak sulit dan dapat ditempuh dengan berbagai cara seperti :

1. Pesawat udara dari Bali dan Kupang, NTT menuju Bandara Komodo, Labuan Bajo

2. Kapal ferry berangkat dari Bali dan Kupang, NTT menuju Pelabuhan Labuan Bajo

3. Jalur darat dari Kota Ende & Maumere Maumere (Bagian Timur Flores) menuju Kota Labuan Bajo

Kota Labuan Bajo dikelilingi begitu banyak pulau yang indah dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut. Pulau yang banyak dikunjungi seperti Pulau Bidadari, Pulau Sabolo, Pulau Selayar Besar & Kecil, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo.

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny

Tak heran bila di sekitar pulau akan dimanfaatkan oleh para penggemar snorkeling dan diving untuk memuaskan keinginannya menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Banyaknya terumbu karang dengan warna-warni yang kemilau dan ribuan hewan laut yang memberikan nuansa mempesona, seperti ikan manta, lumba-lumba dan species lainnya yang indah. Arus laut yang tidak terlalu deras memberikan kenyamanan para wisatawan yang snorkeling dan menyelam, untuk berlama-lama menyaksikan karya Tuhan yang luar biasa di bawah laut.

Foto: beritadaerah.com/Leonardus Tonny
Tidak perlu kuatir untuk bisa menemukan peralatan selam karena kita akan menemukan operator yang melayani para penggemar selam, seperti bajo Dive Club, Dive Komodo, Reef Seeker, dan lain-lain.
Selain itu dapat dijumpai obyek wisata lainnya seperti Batu Cermin, yang merupakan bukit batu dengan guanya yang mengandung pasir kwarsa, sehingga ketika terkena senter akan memantulkan sinar dan Desa Wisata yang merupakan tempat penduduk asli tinggal dalam kesehariannya.

Bergegaslah bila Anda ingin segera menikmati pesona alam yang ada di Labuan Bajo dan Pulau-Pulau yang berada disekitarnya. Pasti tidak akan pernah menyesal untuk mengunjungi daerah yang satu ini.

Sumber : http://vibizlife.com/detail/travel/labuan-bajo-pintu-masuk-wisata-pulau-komodo

0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami