Tentang Fiber Optic


Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.

Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar dilakukan.

Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam inti(core).

Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan.

Jenis Fiber Optik Berdasarkan mode yang dirambatkan :

1. Single-mode fibers
serat optik dengan core yang sangat kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron). diameter mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding cladding.

Transceiver Fiber Optic


2. Multi-mode fibers
serat optik dengan diameter core yang agak besar (berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.



Cara Kerja Fiber Optik
Sinyal awal yang berbentuk sinyal listrik pada transmitter diubah oleh transducer elektrooptik (Dioda / Laser Dioda) menjadi gelombang cahaya yang kemudian ditransmisikan melalui kabel serat optik menuju penerima / receiver yang terletak pada ujung lainnya, pada penerima/reciever sinyal optik tadi diubah kembali menjadi sinyal listrik oleh transducer Optoelektronik (Photo Dioda / Avalanche Photo Dioda).
Akan tetapi dalam perjalanan sinyal optik dari transmitter menuju reciever akan terjadi redaman cahaya sehingga jika jarak transmisinya jauh maka diperlukan repeater untuk memperkuat sinyal kembali.


Transceiver Fiber Optic :


Jenis-jenis Fiber Optic yg sering digunakan :

Indoor/Outdoor Tight Buffer


Indoor/Outdoor Breakout Cable


Aerial Cable/Self-Supporting


Hybrid & Composite Cable


Armored Cable


Low Smoke Zero Halogen (LSZH)


Kode warna :
Selubung luar
Dalam standarisasinya kode warna dari selubung luar (jacket) kabel serat optik jenis Patch Cord adalah sebagai berikut:
WarnaKuning serat optik single-modeOren serat optik multi-modeAqua Optimal laser 10 giga 50/125 mikrometer serat optik multi-modeAbu-Abu Kode warna serat optik multi-mode, yang tidak digunakan lagiBiru Kadang masih digunakan dalam model perancangan

Konektor
Pada kabel serat optik, sambungan ujung terminal atau disebut juga konektor, biasanya memiliki tipe standar seperti FC, SC, ST, LC, atau MTRJ. Selain itu pada konektor tersebut biasanya menggunakan warna tertentu dengan maksud sebagai berikut:
Warna
Biru yang paling umum digunkan untuk serat optik single-mode.Hijau sudah tidak digunakan lagi untuk serat optik multi-mode.
Hitam -
Abu-abu, Krem serat optik multi-mode
Putih -
Merah Penggunaan khusus



0 komentar:

Poskan Komentar

Teman Kami