Hoplite, Infantry Yunani

Hoplite adalah heavy infantry Yunani, bersenjatakan tombak sepanjang 2-3m (Doru) dan sebilah pedang pendek (xiphos) dilengkapi perisai bulat besar (aspis), helm, baju zirah dan pelindung kaki, semua terbuat dari perunggu. Total berat perlengkapan sekitar 50-60 kg, Hoplite sendiri berasal dari kata hoplon yg berarti pelindung atau persenjataan lengkap.

Saat itu Yunani berbentuk negara-negara kota (abad 5 SM) sehingga tidak sanggup membiayai pasukan profesional. Hoplite dibentuk dari warga kota yg pada saat damai memiliki profesi lain, petani, pedagang, guru, nelayan dll. Setiap perlengkapan tersebut dibeli sendiri oleh masing2 warga. Selain sebagai simbol kejantanan juga berfungsi sebagai status sosial. Karena harganya mahal, hoplite hanya terdiri dari warga menengah ke atas. Beberapa ada yg menjadi pasukan berkuda, tapi jumlahnya tidak banyak.

Warga kelas bawah jg ikut bertempur menjadi infantri ringan, berfungsi sebagai pendukung. Mereka bersenjatakan panah, lembing atau bahkan ketapel, tidak dilengkapi dengan peralatan pelindung berat, umumnya hanya menggunakan baju zirah dari kulit hewan keras.

Taktik
Karena umumnya berasal dari warga yg tidak terlatih khusus terutama dalam pertempuran satu lawan satu (kecuali Sparta) maka taktik yg digunakan haruslah cukup sederhana. Bentuk pertempuran mirip seperti olahraga rugby dan berlangsung singkat tdk sampai 1 jam.


Kedua pihak akan membentuk formasi berbaris (disebut phalanx) saling berhadapan. Barisan hoplite sangat rapat tertutup perisai sehingga sulit ditembus. Pada tahap awal serangan dimulai dengan pasukan infantri ringan melemparkan lembing, panah dan batu ke arah lawan.

Dilanjutkan dengan pasukan hoplite berjalan maju secara perlahan (jarang berlari) untuk menjaga agar barisan tetap rapat. Ketika bertemu kedua pihak akan saling mendorong dan menghujamkan tombak mereka berusaha membentuk celah. Barisan kedua berfungsi untuk menahan barisan pertama agar tetap ditempatnya dan menggantikan apabila orang didepannya tewas.

Ketika terbentuk celah maka pasukan akan masuk ke barisan lawan disinilah pedang berperan penting untuk mengobrak-abrik barisan lawan. Jika keutuhan barisan sudah tidak bisa dijaga lagi biasanya pihak yg kalah akan kabur dan dikejar oleh pasukan berkuda.

Kelemahan
Sebenarnya taktik hoplite tidaklah istimewa dan banyak kekurangannya. Karena merupakan heavy infantry jadi harus bergerak lambat agar barisan tetap rapat, hoplite jg sulit untuk bermanuver dan cenderung bergerak hanya ke satu arah. Sisi paling kanan merupakan sisi terlemah karena tidak dilindungi perisai, untuk melindunginya pada sisi kanan ini ditempatkan orang2 terbaik.

Meskipun begitu sistem ini jika digunakan secara tepat terbukti berhasil. Contoh pada Perang Yunani-Persia pertama (499-450 SM). Pada awalnya Yunani yg terlalu mengandalkan heavy infantry sering dijadikan bulan-bulanan pasukan Persia yg mayoritas infantry ringan dan kavaleri. Pasukan Persia kiriman raja Darius I bisa bergerak lebih bebas dan cepat. Hingga akhirnya terjadi titik balik pada pertempuran Marathon (490SM).

Pada pertempuran Marathon antara Athena (10.000 orang) dan Persia (100.000 orang). Athena membagi pasukan hoplite menjadi 3 bagian. Bagian tengah bertugas sebagai umpan dan bertahan, bagian kanan dan kiri bergerak mengapit Persia, sementara Persia membelakangi laut Dengan posisi terjepit ruang gerak Persia menjadi terbatas, sehingga kelincahan Persia pun menjadi sia-sia. Dalam posisi ini infantry ringan Persia bukan tandingan infantry berat Athena dan Persia pun langsung dilibas …

Faktor geografis sangat besar pengaruhnya dalam sistem hoplite. Contoh lainnya yaitu pada pertempuran Thermopylae yg terkenal, dimana 300 pasukan Sparta dipimpin raja Leonidas ditambah dengan pasukan kota lainnya sehingga berjumlah sekitar 1.500-3.000 orang (bukan cuma 300 seperti di film) melawan Persia dengan kekuatan 250.000 orang dipimpin langsung oleh Xerxes I pada Perang Yunani-Persia kedua (480SM),

Thermopylae adalah celah sempit jalan satu-satunya yg harus dilewati pasukan Persia. Dimana salah satu sisi dilindungi dengan tebing tinggi dan sisi lainnya adalah lautan. Leonidas memblokir jalan tersebut, sehingga memaksa Persia untuk menyerang hanya dari arah depan dan dalam jumlah kecil.

Pada 2 hari pertama pasukan Yunani unggul sampai kemudian ada penghianat yg memberi tahu jalan lain yg memutar dibelakang pasukan Yunani. Hari ke 3 Persia menyerang dari depan dan belakang, sebagian besar pasukan Yunani mundur hingga tersisa sekitar 1000 orang yg berjuang sampai titik darah penghabisan, termasuk 300 orang Sparta. Meskipun pada akhirnya kalah, dengan jumlah yg sedikit Yunani berhasil menewaskan 20.000 orang Persia.

Lukisan Nyi Roro Kidul

Walaupun ini hanya poster repro lukisan Nyi Roro Kidul berukuran 100cm x 81cm tetapi memiliki daya magis yg kuat di dalamnya.Konon bila seseorang memandang lukisan ini selama 15 menit maka akan terasa 'kehadiran' sesuatu yg sulit diungkapkan dgn kata-kata. Beberapa orang pernah merasakan 'merinding' lalu mencium harum bunga melati & sedap malam selama beberapa detik. Ada juga yg melihat sekelebatan kain hijau disertai sayup-sayup suara ombak pantai laut selatan ketika menatap poster lukisan ini selama kurang lebih 15 menit. Wallahu'alaamu bissawab...

Lukisan Aslinya (kata orang dimaharkan 13 Milyar) ada di Kamar No. 13 Hotel Samudra Beach Hotel, Palabuhan Ratu – Sukabumi itu memang magis. Tercium aroma wangi mistik yang sangat kuat di ruangan. Itulah kamar sang Ratu Nyi Roro Kidul, legenda abadi masyarakat Indonesia, warisan alam fikiran Hindu Budha zaman baheula. Didalamnya ada beberapa lukisan Nyi Roro Kidul dalam ukuran besar, dengan wajah cantik namun menyiratkan misteri. Lukisan-lukisan itu adalah karya Basuki Abdullah (pelukis istana zaman Presiden Soekarno). Selain lukisan, kamar yang khusus dipersembahkan untuk sang ratu itu diisi oleh berbagai benda-benda mistik yang menggambarkan seolah Ratu Nyi Roro Kidul memang nyata. Ada juga rupa-rupa kembang, foto-foto dan botol-botol minuman orang yang datang ke kamar itu. Para pengunjung banyak yang datang memohon macam-macam.

Arti Lambang Komunis


HAMMER & SICKLE

Lambang "sakral" ini membuat sebagian orang yang melihat merinding melihatnya maupun mendengarnya, teringat "sejarah" masa lalu yang kelam PKI dipelajaran sekolah waktu duduk di bangku SD. Puncak-puncaknya pada masa pemerintahan Soeharto.

Dulu ada yang bilang:
"huss.. jangan bawa gambar nanti ditangkap/diculik/dibunuh loh?"
dan apabila ada gambar tokoh yang dibenci terutama tokoh politik dicoret logo tersebut diatasnya yang menandakan penghinaan sebesar-besarnya (maksud yang mencoret), bahkan ada yang mengidentikkan lambang palu arit ini ibarat senjata tajam yang mencerminkan kekejaman, kekerasan dan merah ibarat kekuasaan dan pertumpahan darah???

Seseram itukah?
Lambang palu dan sabit yang menjadi simbol dari komunis memiliki sejarah yang tidak ada hubungannya dengan komunisme. Simbol palu mewakili para buruh dan sabit mewakiti para petani. Setelah revolusi industri di Eropa, kaum buruh dan petani semakin terpinggirkan dan tertindas. Simbol palu dan sabit yang menyilang muncul sebagai bentuk pengkomunikasian bersatunya kaum buruh dan petani dalam revolusi Bolshevik tahun 1917 di Rusia. Di tahun-tahun berikutnya, lambang palu dan sabit menjadi simbol pemberontakan, bahkan sampai sekarang.



Gambar monumen patung buruh dan petani 1

Revolusi para pekerja yang tergolong kalangan bawah tersebut mengundang perhatian dunia. Mereka yang menyepelekan kaum pekerja tidak mengira akan kekuatan yang dimiliki oleh persatuan kaum buruh dan petani. Pihak komunis-sosialis, yang sebelumnya menggunakan bendera merah atau sering dikenal dengan tentara merah, memanfaatkan simbol pekerja tersebut sebagai lambang bendera partai komunis. Tahun 1922 penggunaan lambang palu dan sabit menyilang dengan latar belakang merah diresmikan menjadi bendera komunis di seluruh dunia.

Simbol merupakan kode untuk berkomunikasi atau pertukaran informasi dalam interaksi sosial. Dari uraian diatas, simbol muncul dalam bentuk lambang palu dan sabit, berupa artefak bendera, atribut, dan lainnya. Peran Artefak dalam Pertukaran Informasi yaitu:
-Sebagai simbol wilayah kekuasaan & sosial
-Sebagai simbol penguat kesatuan etnik
-Sebagai simbol pemeliharaan dan penguatan jaringan pencarian pasangan hidup
-Sebagai simbol penguatan hubungan antar masyarakat
-Sebagai simbol kedudukan struktural

Pada awalnya, para buruh dan petani menyampaikan eksistensi mereka dalam revolusi melalui simbol palu dan sabit. Simbol ini kemudian menjadi identitas para pekerja kasar sebagai solidaritas, pemersatu dan penguat hubungan antar masyarakat. Apabila revolusi yang dilakukan tidak memunculkan simbol, maka akan sulit untuk menunjukkan keberadaan kaum buruh dan petani di mata dunia, serta sulit untuk menggerakkan kaum pekerja yang lain. Dengan demikian simbol palu dan sabit memiliki arti penting dalam penyampaian pesan revolusi.


Gambar buruh petani memperagakan monumen patung

Besarnya pengaruh revolusi palu dan sabit mengakibatkan orang mengidentikkan lambang palu dan sabit sebagai simbol pemberontakan. Dalam perkembangannya, simbol palu dan sabit tidak hanya digunakan oleh kaum pekerja tapi juga kaum borjuis (pelajar) saat menolak kebijakan pemerintah. Simbol ini juga digunakan oleh kaum sosialis yang menjunjung tinggi kesetaraan status.

Tahun 1922, tentara merah meresmikan simbol palu dan arit yang menyilang dimasukkan ke dalam lambang bendera partai politiknya. Lambang ini memiliki makna bahwa partai komunis menjunjung tinggi para pekerja kasar. Dari sini diharapkan pendukung partai dapat dihimpun dari para buruh dan petani yang cenderung memiliki massa lebih banyak.
Simbol palu dan sabit berubah fungsi dan makna sesuai dengan perkembangan jaman. Makna yang semula dikomunikasikan melalui simbol palu dan sabit berubah interpretasinya sesuai dengan kondisi jaman dan pengalaman sejarah.

Di Indonesia, sejak peristiwa G 30 S PKI, simbol palu dan sabit menjadi tabu karena diinterpretasikan dengan komunis yang ingin menghancurkan Indonesia dari dalam. Namun setelah lengsernya pemerintahan orde baru, simbol palu dan sabit mulai bermunculan lagi dalam berbagai bentuk dan lambang. Interpretasi orang saat ini bisa beraneka macam terhadap simbol tersebut. Ada yang mengartikan sebagai penganut komunis, penganut sosialis, lambang revolusi, bentuk protes terhadap pemerintahan, dan lainnya. Semua makna tidak salah, kembali ke pengertian simbol yang memiliki banyak arti, dan hanya dipahami oleh manusia, sehingga yang bersangkutan dituntun untuk memahami objek untuk mengetahui makna yang terkandung dalam simbol tersebut.

Lambang Komunis lainnya:

RED STAR


Bintang merah yang berujung lima adalah lambang komunisme serta sosialisme yang lebih umum. Yang melambangkan kelima jari tangan pekerja, serta kelima benua. Bintang berujung lima dimaksudkan untuk mewakili kelima kelompok sosial yang akan membawa Rusia ke komunisme: kaum muda, militer, industri , buruh petani, dan cendekiawan.

Bintang merah adalah salah satu lambang, simbol, dan tanda yang mewakili Uni Soviet di bawah kekuasaan dan bimbingan Partai Komunis, serta palu dan arit. Juga dipakai sebagai lencana di kamp tawanan Jerman pada saat itu di bawah Hitler dan WWII (perang dunia 2) untuk menandakan komunis.


RED FLAG


Bendera merah sering dikombinasi dengan lambang komunis dan nama partai lain. Bendera dipakai di berbagai komunis dan sosialis seperti May Day. Bendera juga biasanya dihubungkan dengan sosialisme.

Bendera merah mempunyai banyak arti di sejarah tetapi terlebih dulu dipakai sebagai sehelai bendera pembangkangan. Bendera merah mendapat arti politik modernnya di Revolusi Perancis 1871. Sesudah Revolusi Oktober, pemerintah Uni Soviet mengambil bendera merah dengan palu dan arit yang dilapiskan keatas sebagai bendera nasionalnya. Karena Revolusi Oktober, berbagai negara bagian sosialis dan pergerakannya sudah memakai bendera merah.

Kebudayaan Yang Membawa Kesuksesan

Inilah beberapa prinsip yang menjadi kebudayaan dibeberapa negara yang begitu cepat melaju menuju kesuksesan.

JEPANG


Pilar utama nilai-nilai budaya Jepang dikenal dengan wa (harmoni), kao (reputasi), dan omoiyari (loyalitas).
Konsepsi wa mengandung makna mengedepankan semangat teamwork, menjaga hubungan baik, dan menghindari ego individu

Kao berarti wajah. Wajah merupakan cermin harga diri, reputasi, dan status sosial. Masyarakat Jepang pada umumnya menghindari konfrontasi dan kritik terbuka secara langsung. Membuat orang lain ‘’kehilangan muka’’ merupakan tindakan tabu dan dapat menyebabkan keretakan dalam hubungan bisnis

Sedangkan omoiyari berarti sikap empati dan loyalitas. Spirit omoiyari menekankan pentingnya membangun hubungan yang kuat berdasarkan kepercayaan dan kepentingan bersama dalam jangka panjang.
Kaizen merupakan istilah bahasa jepang terhadap continous improvement kai berarti perubahan zen berarti baik. jadi kaizen berarti melakukan perubahan agar lebih baik secara terus menerus.

Bushido Adalah kode Atau prinsip yg Dianut Oleh Para samurai jepang.
Prinsip bushido Menekankan pada kehormatan, keberanian dan kesetian kepada atasan. melebihi apapun. Pejuang samurai Yang Ideal adalah mereka Yang tidak mempunyai Rasa takut terhadap kematian tetapi mereka Takut jika tugas yang mereka Emban tidak Berhasil

Makoto berarti bersungguh Sungguh dengan selalu berkata dan bertindak Jujur dengan tidak berlaku curang baik kepada kawan maupun lawan

Definisi harfiah Genchi Genbutsu dari bahasa Jepang adalah `go and see the problem`. Genchi genbutsu bukan sekadar teori, melainkan lebih menekankan pada praktek dimana kita harus langsung mendatangi masalah untuk mengetahui masalah tersebut

Dalam bahasa Jepang , hansei berarti perenungan
Dalam manajemen bisnis, hansei berarti peninjauan ulang secara cermat yang dilakukan setelah tindakan diambil. Tidak perduli hasil akhirnya sukses atau gagal, mereka tetap harus meninjau hasilnya. Hansei berlawanan dengan pola pikir KALAU TIDAK RUSAK BUAT APA DIPERBAIKI. Kebanyakan kita masih menunggu rusak baru diperbaiki…


KOREA


Koenchanayo yg artinya toleransi Dan menghargai orang lain.

Kibun berarti menghormati orang lain dan menghindari segala tindakan yang bisa menyebabkan Orang lain Kehilangan Muka.

Inhwa berarti pendekatan korea Terhadap Keharmonisan Dalam kultur bisnis korea hal ini Tercermin Dalam Rasa setia terhadap perusahaan.

Hahn Berarti energi hidup Untuk mengejar pendidikan dan Melakukan pengorbanan diri. demi menigkatkan kesejahteraan keluarga dan negara.

Jeong Do Management Merupakan Acuan Filosofi Bagi LG Senantiasa Menyediakan nilai tmbah Bagi Konsumen Dengan Selalu Melakukan inovasi berkelanjutan.


CHINA


Cina menganut Confucianism menjadi maju karena ajarannya yang tak menyukai kekerasan. Salah satu hal penting yang diajarkan ialah : “ Janganlah berbuat sesuatu yang kau tak inginkan orang berbuat kepadamu ! “ Ini jelas sekali bahwa kalau kita tak menyukai orang lain memaksakan kehendaknya kepada kita, janganlah kita memakai kekerasan kepada orang lain. Ajaran penting lainnya ialah : “ Selalu hormatilah orang yang lebih tua, lebih-lebih orang tuamu.
prinsip lainnya. Adalah “ Kalau kamu hidup mampu, jangan sampai saudara-saudaramu hidup berkekurangan ! “ Itulah salah satu prinsip yang menyebabkan keluarga keturunan Cina selalu memperhatikan saudara-saudara, jadi kalau yang satu kaya akan membantu yang kekurangan : memberikan pekerjaan, membantu dengan moril dan financial.

Guanxi dapat diartikan cerdik memanfaatkan jaringan
Sebagai contoh, tidak punya uang untuk beli barang dagangan, bisa dilakukan dengan meminjam barang dagangan milik saudara. Laku baru bayar atau konsinyasi. Kalau tidak punya pemasok cukup meminta jaminan dari relasi yang punya pemasok. Untuk itu mereka berupaya membangun kepercayaan supaya bisa langgeng.

Shinyung adalah sikap saling mempercayai antar sesama.

Sejarah Pembuatan Tato

Tatto, sebuah seni rajah tubuh. Beragam seni tato modern telah dilakukan di berbagai belahan bumi ini. Namun tahukah anda bahwa seni tato tertua di dunia ternyata dibuat di Indonesia.??



Istilah “Tattoo” diambil dari kata “Tatau” dalam bahasa Tahiti. Tato pertama kali tercatat oleh peradaban Barat dalam ekspedisi James Cook pada tahun1769. Menurut beberapa peneliti, tato yang tertua ditemukan pada mumi Mesir dari abad ke 20 BC.

Tato Mesir, yang diperkirakan tato tertua ditemukan pada 1300 SM sedangkan Mentawai sudah menato tubuh mereka sejak kedatangan mereka ke pantai barat Sumatera pada Zaman Logam, 1500 SM – 500 SM. Mereka bangsa Proto-Melayu yang berasal dari daratan Asia (Indocina).

Menurut para peneliti “tato” di Indonesia, Tattoo Mentawai adalah yang tertua di dunia yang dikenal sebagai Titi. Bagi masyarakat Mentawai yang mendiami kepulauan Mentawai di dekat Sumatera, tato merupakan roh kehidupan. Salah satu posisi tato adalah untuk menunjukkan identitas dan perbedaan status sosial atau profesi. Sebagai contoh, tato Sikerei (sebutan untuk dukun Mentawai) berbeda dengan tato pemburu. Pemburu dikenal dengan gambar binatang tangkapannya, seperti babi, rusa, monyet, burung, atau buaya. Sedangkan Sikerei diketahui dari tato bintang “Sibalu-balu” di tubuh mereka.




Tradisi Mentawai

Berdasarkan tradisi Mentawai, tato juga memiliki fungsi sebagai simbol keseimbangan alam. Dalam tradisi orang Mentawai, objek seperti batu, hewan, dan tumbuhan harus diabadikan di tubuh mereka. Mereka menganggap semua hal memiliki jiwa. Fungsi lain dari tato adalah seni, orang Mentawai menato tubuh mereka sesuai dengan kreativitasnya.





Kedudukan tato diatur oleh kepercayaan suku Mentawai, yang disebut Arat Sabulungan. Istilah ini berasal dari kata “sa” (koleksi), dan “bulung” (daun). Kumpulan daun yang disusun dalam sebuah lingkaran yang terbuat dari kelapa atau pucuk pohon sagu, yang diyakini memiliki kekuatan magis yang disebut “Kere” atau “Ketse”. Ini digunakan sebagai media untuk pemujaan terhadap “Tai Kabagat Koat” (Dewa Laut), “Tai Ka-leleu” (Dewa hutan dan gunung), dan “Tai Ka Manua” (Dewa awan).

“Arat Sabulungan” digunakan dalam setiap upacara, kelahiran, pernikahan, pengobatan, pindah rumah, dan tato. Ketika anak laki-laki memasuki masa pubertas, usia 11-12 tahun, tetua yang disebut Sikerei dan Rimata (kepala suku) akan bernegosiasi untuk menentukan hari dan bulan pelaksanaan tato.

Proses pembuatan
Setelah itu, dipilihlah “Sipatiti” (artis tato). Sipatiti tidak didasarkan pada penunjukan jabatan publik, seperti dukun atau kepala suku, tetapi profesi laki-laki. Keahlian Sipatiti itu harus dibayar dengan seekor babi. Sebelum tato dilakukan, diatur Upacara pertama dipimpin oleh Sikerei di Puturukat (galeri milik sipatiti).






Tubuh anak laki-laki yang akan tato digambar dengan tongkat. Sketsa pada tubuh kemudian ditusuk dengan jarum kayu. Tubuh anak dipukul perlahan-lahan dengan tongkat kayu untuk memasukkan pewarna ke dalam lapisan kulit. Pewarna yang digunakan adalah campuran daun pisang dan arang tempurung kelapa

Teman Kami